Website Seribu Macam!!!

Jumat, 10 Maret 2017

Latihan Java Beserta Jawabannya

Kali ini saya akan membagikan sedikit tentang java , sayang kalo di buang mending di share saja barang kali ada yang membutuhkannya dan ingin mempelajarinya. oh yaa ini rangkuman serta soal dari dosen saya namanya Pak Julian Chandra W, S.Kom., M.Kom. tapi jawabanya saya sendiri yang mengerjakannya, so bilamana ada yang error harap dimaklumi toh saya juga masih belajar heheh ^_^

sharing2 saja barangkali bermanfaat ^_^



1. Buatlah program untuk menghitung dan menampilkan Luas dan Keliling dari bangun datar dibawah ini :
 a. Persegi
 b. Segitga
 c. Lingkaran
Catatan : Input menggunakan Scanner, Output menggunakan printf
2. Buatlah program untuk menghitung dan menampilkan Volume dan Luas Permukaan dari bangun ruang dibawah ini :
a. Kubus
b. Balok
c. Bola
Catatan : Input menggunakan BufferedReader, Output menggunakan JOptionPane
3. Buatlah program untuk mengkonversi :
a. Detik ke => Jam, Menit, Detik
b. Celcius ke => Reamur, Fahrenheit dan Kelvin
c. Uang ke => 50.000an, 20.000an, 10.000an, 5.000an Misalnya uang yang di input = 95.000 Maka outputnya : 1 lembar uang 50.000an 2 lembar uang 20.000an 0 lembar uang 10.000an 1 lembar uang 5.000an
4. Buatlah program untuk menghitung dan menampilkan total upah/gaji bersih yang diterima karyawan jika :
- Upah dihitung perjam, 1 jam Rp 20.000,-
- Tunjangan kesehatan 10% dari gaji kotor
- Tunjangan beras 10% dari tunjangan kesehatan
- PPh 10% dari gaji kotor

jawabannya ada disini download aja deh sesuai nomor urutnya. jawabanya masih on going sebagian belum saya kuasai jadi saya share yg saya kuasai saja

1a

1b

1c

2a

2b

2c

3a

3b

3c

4c

jangan lupa pantengin trus blognya , tunggu share selanjutnya salam vrohhhh ngaleeyyyyy......
Share:

Dasar Materi dari Pemerograman Objek

Ini juga saya dapatkan dari dosen saya, seklain saya bagikan saja yang penting bermanfaat hihihi ^_^


Sejarah Singkat 

• 1991. kode “Green Project” berorientasi objek
• 18 bulan kemudian. “Oak” -- “Java
• 1995. jadi bahasa pemrograman desktop
• 2009. menjadi milik perusahaan Oracle

Kelebihan Bahasa Java 

• Multiplatform
• Open Source
• OOP
• Keamanan yang Baik
• Mendukung Multithreading
• Bergaya C++

Edisi Bahasa Java 

• J2SE (Java 2 Standard Edition)
• J2ME (Java 2 Micro Edition)
• J2EE (Java 2 Enterprise Edition)

Bahasa Java 

• Java adalah bahasa pemograman tingkat menengah
• Java adalah bahasa pemograman berorientasi objek
• Java bersifat open source
• Java bersifat case sentitive
• Java bersifat multi platform

Tipe Data 

 • Tipe Data Dasar / Primitif
    o boolean (tipe data logika)
    o char (tipe data karakter)
    o byte, short, int dan long (tipe data bilangan bulat)
    o double dan float (tipe data bilangan pecahan/ floating point)
                       
                             Dalam java, String bukanlah suatu tipe data melainkan suatu kelas.

Struktur Dasar Bahasa Java 

A. Package adalah folder/direktori tempat kita menyimpan file java kita. Package berfungsi jika kita ingin mengelompokkan class yang kita buat dalam suatu folder. Dalam suatu class terdapat (0-1) package. 
B. Import adalah menjabarkan/mendaftarkan library-library yang akan digunakan. Dalam satu class terdapat (0-N) import. 
C. Pendeklarasian class umumnya menggunakan “public class ” atau “class ”. Nama Class yang dideklarasikan sebagai public harus sama dengan nama file. Misal nama class: PraktikumSatu, maka nama file: PraktikumSatu.java 
D. Atribut adalah ciri yang melekat yang dimiliki suatu objek. Dalam satu class bisa terdapat (0-N) atribut. Penulisan atribut ditulis dibawah pendeklarasian class. Metode akan dibahas lebih lanjut ketika materi objek. 
E. Constructor adalah metode yang akan dipanggil ketika class tersebut dibuatkan objeknya (instance). Nama constructor harus sama dengan nama class-nya, misal nama class: Contoh, maka nama constructor: Contoh. Dalam satu class bisa terdapat (0-N) constructor. Penulisan constructor ditulis dibawah blok atribut. 
F. Metode adalah kemampuan yang dimiliki suatu objek. Dalam satu class bisa terdapat (0- N) metode. Penulisan metode ditulis dibawah blok Constructor. Metode akan dibahas lebih lanjut ketika materi objek. 
G. Metode main adalah metode utama. Artinya metode yang akan pertama kali dieksekusi oleh komputer adalah metode main ini. Penulisan metode main pasti selalu ditulis dengan sintaks “public static void main(String[] args)”. Dalam pembangunan aplikasi yang baik, metode main ini hanya dimiliki oleh satu class saja, yakni class utama. 

Variabel 

Variabel adalah wadah/tempat untuk menyimpan data 

NB: untuk dan bersifat wajib, sedangkan [=inisialisasi] bersifat opsional (boleh ditulis, boleh tidak). [=inisialisasi]; 

public class ContohVariabel{ 
public static void main(String[] args){ 
 String nama; 
 int nilai; 
 nama="Susi Similikiti"; 
 nilai=100; 
 System.out.println("Nama : "+nama); System.out.println("Nilai : "+nilai);
 } 

Operator 

• Operator Aritmetika 
• Operator Increment & Decrement serta Operator Khusus 
• Operator Perbandingan 
• Operator Logika 
• Operator Kondisi 

Fungsi Output 

• Output berbasis DOS menggunakan printf() 
• Output berbasis DOS menggunakan print() 
• Output berbasis DOS menggunakan println() 
• Output berbasis GUI menggunakan JOptionPane

Output Menggunakan printf() (lanj.) 

public class ContohFungsiOutPrintf { 
public static void main(String[] args){  
System.out.printf("%s\n", "Halo Halo Bandung"); 
 System.out.printf("%s %s\n", "Halo Halo", "Bandung"); 
 System.out.printf("%d + %d= %d\n", 4, 5, (4+5)); 
System.out.printf("PHI= %f\n", 3.14); 
 System.out.printf("index= %c\n", 'A'); 
 System.out.printf("nilai boolean= %b\n", true); 

Output Menggunakan JOptionPane 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan : 
1. Mengimport JOptionPane.class yang ada di paket javax.swing. Pendeklarasian import ditulis diatas pendeklarasian class. 
import javax.swing.JOptionPane //wajib ditulis public class Contoh{ } 
2. Memanggil metode showMessageDialog(). 
JOptionPane.showMessageDialog(null, String); 

Output Menggunakan JOptionPane (lanj.) 
import javax.swing.JOptionPane; 
public class ContohOutJOptionPane{ 
public static void main(String[] args){  
String nama="Mulyana"; 
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Halo-Halo Bandung"); JOptionPane.showMessageDialog(null, "Halo "+nama+'\n'+ "Apa Kabar?");
 } 
}

Fungsi Input 

• Input berbasis DOS menggunakan Scanner 
• Input berbasis DOS menggunakan BufferedReader 
• Input berbasis GUI menggunakan JOptionPane 

Input menggunakan Scanner 

1. Meng-import kelas Scanner yang terdapat pada paket java.util 
2. Membuat objek referensi sebagai media penginputan data. 
3. Memanggil metode khusus untuk melakukan inputan data melalui objek referensi yang tadi dibuat. 

Input menggunakan Scanner (lanj.) 

import java.util.Scanner; 
public class ContohInScanner{ 
public static void main(String[] args){  
Scanner input = new Scanner(System.in); 
 System.out.print("Input Nama : "); 
 String nama = input.nextLine(); 
 System.out.println("Halo "+ nama); 
 System.out.println(); 
 System.out.print("Alas : "); 
 int alas = input.nextInt(); 
 System.out.print("Tinggi : "); 
 float tinggi = input.nextFloat(); 
 System.out.println("Luas Segitiga : "+ (alas*tinggi)/2); 
}

mungkin saya bagikan sampe scanner aja deh heheh ^_^ siapa tau bermanfaat

sumbernya : dari dosen kampus saya.

makasih minaasaan
Share:

Download JcreatorPro

aplikasi Jcreatorpro



cara instalasinya ada di dalam kuti saja semoga berhasil yahh

Download

pass : bedunckz.blogspot.com

simpelkan yo langsung tancepin aja we :v
Share:

Pengikut