Website Seribu Macam!!!

Minggu, 25 Oktober 2020

Soal dan Jawaban Kecakapan Antar Personal


Soal dan Jawaban Materi Kecakapan Antar Personal siapa tau berguna untuk para pembaca, saya membagikan dibawah sini :

1. Jelaskan definisi keterampilan interpersonal

Jawab : Keterampilan Interpersonal didefinisikan sebagai keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap, dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagaimana diri kita mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain merupakan bagian dari keterampilan interpersonal. Istilah keterampilan interpersonal merupakan istilah yang dapat diartikan sebagai interaksi antara manusia atau interaksi dengan orang lain.

2. Jelaskan dengan singkat mengapa kita perlu keterampilan interpersonal

Jawab : Setiap orang ketika memasuki dunia kerja atau lingkungan baru akan berpikir bahwa mereka akan bertemu dengan orang baru, keberhasilan mereka dalam berinteraksi akan menentukan keberhasilan dalam menciptakan sesuatu yang kondusif pada masa transisi. Bagi mereka yang kemampuan interpersonal nya baik tidak sulit untuk berinteraksi, sebaliknya jika keterampilan interpersonal nya kurang akan terasa berat. Dengan demikian keterampilan iknterpersonal nya mempunyai peranan yang cukup penting dalam meraih sukses dalam berorganisasi, kemampuan tersebut sangat mempengaruhi bagaimana kita mempresentasikan diri kita terhadap orang lain, dan bagaimana orang mempersiapkan diri kita.

3. Jelaskan faktor dalam individu yang berperan dalam pengembangan interpersonal skill

Jawab : 1) Kemampuan (ability) individu adalah kapasitas individu untuk mengerjakan beragam tugas untuk satu posisi tertentu. Kemampuan (ability) terdiri dari dua type yaitu Intellectual Ability serta kemampuan dan keterampilan fisikal. Kemampuan intellectual terbagi menjadi number attitude, verbal comprehension, perceptual speed, dan inductive reasoning.

             2) Kepribadian (personality) adalah kemampuan beberapa sifat yang menjadi ciri seseorang. Faktor terbentuknya antara lain dari keturunan, lingkungan, dan situasi. Adapun tipe kepribadian antara lain sanguine, choleric, melancholic, dan phlegmatic.

             3) Persepsi adalah cara seseorang mengorganisasikan dan menafsirkan data dan informasi yang ditetrima. Proses ini dilakukan agar kita mampu menangkap makna dibalik informasi yang kita terima. Faktor yang menentukan persepsi kita adalah receiver target/objek yang diberikan, serta situasinya dalam proses persepsi tersebut.

             4) Values dan attitude adalah nilai-nilai yang kita anut dan kita jadikan rujukan ketika berproses menjalani roda kehidupan. Nilai-nilai yang kita pegang seringkali mempengaruhi sikap dan perilaku , secara sederhana sikap (attitude) didefinisikan ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap beberapa hal.

             5) Motivasi adalah kemauan untuk menampilkan usaha yang optimal guna mencapai sasaran yang telah ditargetkan , motivasi didukung oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan.

4. Apa saja manfaat pengungkapan diri dalam membangun kepercayaan di dalam organisasi atau dunia kerja ? berikan dengan argumentasi dan contoh.

Jawab : meningkatkan kesadaran diri (self awarness), membangun hubungan yang lebih dekat dan mendalam, saling membantu dan lebih berarti bagi kedua belah pihak , mengembangkan keterampilan berkomunikasi yang mungkin seseorang menginformasikan pada orang lain, mengurangi rasa malu dan meningkatkan penerimaan diri, memecahkan berbagai konflik dan masalah interpersonal, dan memperoleh energi tambahan dan menjadi lebih spontan.

5) Dalam penilaian performance pegawai, attitude merupakan hal penting untuk mempromosikan pegawai naik ke jenjang yang lebih tinggi, mengapa attitude penting ?

Jawab : karena attitude merupakan salah satu kunci sukses setiap orang saat memasuki dunia kerja. Attitude perlu bagi setiap pegawai dikarenakan attitude mencerminkan bagaimana sikap dan perilaku seseorang saat menghadapi suatu masalah, sehingga seorang pegawai dapat dinilai kinerjanya melalui attitude yang ia berikan. Attitude yang baik dapat memaksimalkan kerja seorang pegawai sehingga dapat memaksimalkan kerja seorang pegawai agar dapat mengembangkan potensi yang ada. Attitude juga berpengaruh terhadap keberhasilan seorang pegawai sehingga mudah untuk meningkatkan kariek.

6) Untuk meningkatkan kompetensi anda harus mengetahui potensi yang ada dalam diri sendiri. Bagaimana kiat anda mencapai kesuksesan melalui knowledge, skill, dan attitude ? jelaskan bagaimana pendapat anda mengenai self control dalam kehidupan.

Jawab : kiat mencapai kesuksesan adalah sukses bukan sesuatu yang muncul semalam, sukses adalah sebuah proses dan konsekuensi dari melakukan hal-hal yang benar secara konsisten. Untuk menjadi sukses ada serangkaian rules yang harus diikuti, dengan resiko terdengar menjadi klise, biasa-biasa saja, kuno, bahkan mengecewakan, tergantung pada tiga faktor yaitu attitude, knowledge, dan skill. Dengan kata lain untuk mencapai kesuksesan, kita hanya perlu mengetahui dasar-dasar yang benar dan melakukannya.

Self control dalam kehidupan merupakan suatu kecakapan individu dalam kepekaan membaca situasi diri dan lingkungannya serta kemampuan untuk mengontrol dan mengelola faktor-faktor tertentu, hal tersebut disesuaikan dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam mengendalikan perilaku, kecenderungan untuk menarik perhatian, dan keinginan untuk mengubah perilaku. Hal tersebut dilakukan agar sesuai dengan tuntutan orang lain, menyenangkan orang lain, selalu konform dengan orang lain, dan menutup perasaannya.

7) Sebutkan lima kekuatan dan lima kelemahan pada diri anda

-

8) apa penyebab orang lain tidak menyukai anda dan apa yang anda lakukan untuk menyikapinya ?

-

9) dalam skala kompetensi interpersonal skill, pada level manakah anda berada ? kenapa ?

-

10) Persepsi merupakan inti dari komunikasi, mengapa dikatakan demikian ?

Dikarenakan persepsi kita berbeda maka komunikasi akan tidak efektif, kesamaan persepsi memudahkan kita untuk berkomunikasi.

Share:

Pengikut