Soal dan Jawaban Materi Kecakapan Antar Personal siapa tau berguna untuk para pembaca, saya membagikan dibawah sini :
1. Jelaskan definisi keterampilan interpersonal
Jawab : Keterampilan Interpersonal didefinisikan
sebagai keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap,
dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagaimana diri kita mampu
membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau
orang lain merupakan bagian dari keterampilan interpersonal. Istilah
keterampilan interpersonal merupakan istilah yang dapat diartikan sebagai
interaksi antara manusia atau interaksi dengan orang lain.
2. Jelaskan dengan singkat mengapa kita perlu
keterampilan interpersonal
Jawab : Setiap orang ketika memasuki dunia kerja atau
lingkungan baru akan berpikir bahwa mereka akan bertemu dengan orang baru,
keberhasilan mereka dalam berinteraksi akan menentukan keberhasilan dalam
menciptakan sesuatu yang kondusif pada masa transisi. Bagi mereka yang
kemampuan interpersonal nya baik tidak sulit untuk berinteraksi, sebaliknya
jika keterampilan interpersonal nya kurang akan terasa berat. Dengan demikian
keterampilan iknterpersonal nya mempunyai peranan yang cukup penting dalam
meraih sukses dalam berorganisasi, kemampuan tersebut sangat mempengaruhi
bagaimana kita mempresentasikan diri kita terhadap orang lain, dan bagaimana
orang mempersiapkan diri kita.
3. Jelaskan faktor dalam individu yang berperan dalam
pengembangan interpersonal skill
Jawab : 1) Kemampuan (ability) individu adalah
kapasitas individu untuk mengerjakan beragam tugas untuk satu posisi tertentu.
Kemampuan (ability) terdiri dari dua type yaitu Intellectual Ability serta
kemampuan dan keterampilan fisikal. Kemampuan intellectual terbagi menjadi
number attitude, verbal comprehension, perceptual speed, dan inductive
reasoning.
2)
Kepribadian (personality) adalah kemampuan beberapa sifat yang menjadi ciri
seseorang. Faktor terbentuknya antara lain dari keturunan, lingkungan, dan
situasi. Adapun tipe kepribadian antara lain sanguine, choleric, melancholic,
dan phlegmatic.
3)
Persepsi adalah cara seseorang mengorganisasikan dan menafsirkan data dan
informasi yang ditetrima. Proses ini dilakukan agar kita mampu menangkap makna
dibalik informasi yang kita terima. Faktor yang menentukan persepsi kita adalah
receiver target/objek yang diberikan, serta situasinya dalam proses persepsi
tersebut.
4) Values
dan attitude adalah nilai-nilai yang kita anut dan kita jadikan rujukan ketika
berproses menjalani roda kehidupan. Nilai-nilai yang kita pegang seringkali
mempengaruhi sikap dan perilaku , secara sederhana sikap (attitude)
didefinisikan ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka
terhadap beberapa hal.
5)
Motivasi adalah kemauan untuk menampilkan usaha yang optimal guna mencapai
sasaran yang telah ditargetkan , motivasi didukung oleh keinginan untuk
memenuhi kebutuhan.
4. Apa saja manfaat pengungkapan diri dalam membangun
kepercayaan di dalam organisasi atau dunia kerja ? berikan dengan argumentasi
dan contoh.
Jawab : meningkatkan kesadaran diri (self awarness),
membangun hubungan yang lebih dekat dan mendalam, saling membantu dan lebih
berarti bagi kedua belah pihak , mengembangkan keterampilan berkomunikasi yang
mungkin seseorang menginformasikan pada orang lain, mengurangi rasa malu dan
meningkatkan penerimaan diri, memecahkan berbagai konflik dan masalah
interpersonal, dan memperoleh energi tambahan dan menjadi lebih spontan.
5) Dalam penilaian performance pegawai, attitude merupakan
hal penting untuk mempromosikan pegawai naik ke jenjang yang lebih tinggi,
mengapa attitude penting ?
Jawab : karena attitude merupakan salah satu kunci
sukses setiap orang saat memasuki dunia kerja. Attitude perlu bagi setiap
pegawai dikarenakan attitude mencerminkan bagaimana sikap dan perilaku
seseorang saat menghadapi suatu masalah, sehingga seorang pegawai dapat dinilai
kinerjanya melalui attitude yang ia berikan. Attitude yang baik dapat
memaksimalkan kerja seorang pegawai sehingga dapat memaksimalkan kerja seorang
pegawai agar dapat mengembangkan potensi yang ada. Attitude juga berpengaruh
terhadap keberhasilan seorang pegawai sehingga mudah untuk meningkatkan kariek.
6) Untuk meningkatkan kompetensi anda harus mengetahui
potensi yang ada dalam diri sendiri. Bagaimana kiat anda mencapai kesuksesan melalui
knowledge, skill, dan attitude ? jelaskan bagaimana pendapat anda mengenai self
control dalam kehidupan.
Jawab : kiat mencapai kesuksesan adalah sukses bukan
sesuatu yang muncul semalam, sukses adalah sebuah proses dan konsekuensi dari melakukan hal-hal yang
benar secara konsisten. Untuk menjadi sukses ada serangkaian rules yang harus
diikuti, dengan resiko terdengar menjadi klise, biasa-biasa saja, kuno, bahkan
mengecewakan, tergantung pada tiga faktor yaitu attitude, knowledge, dan skill.
Dengan kata lain untuk mencapai kesuksesan, kita hanya perlu mengetahui
dasar-dasar yang benar dan melakukannya.
Self control dalam kehidupan merupakan suatu kecakapan
individu dalam kepekaan membaca situasi diri dan lingkungannya serta kemampuan
untuk mengontrol dan mengelola faktor-faktor tertentu, hal tersebut disesuaikan
dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam mengendalikan perilaku,
kecenderungan untuk menarik perhatian, dan keinginan untuk mengubah perilaku.
Hal tersebut dilakukan agar sesuai dengan tuntutan orang lain, menyenangkan
orang lain, selalu konform dengan orang lain, dan menutup perasaannya.
7) Sebutkan lima kekuatan dan lima kelemahan pada diri
anda
-
8) apa penyebab orang lain tidak menyukai anda dan apa
yang anda lakukan untuk menyikapinya ?
-
9) dalam skala kompetensi interpersonal skill, pada
level manakah anda berada ? kenapa ?
-
10) Persepsi merupakan inti dari komunikasi, mengapa
dikatakan demikian ?
Dikarenakan persepsi kita berbeda maka komunikasi akan
tidak efektif, kesamaan persepsi memudahkan kita untuk berkomunikasi.
0 komentar:
Posting Komentar