Website Seribu Macam!!!

Jumat, 10 Maret 2017

Dasar Materi dari Pemerograman Objek

Ini juga saya dapatkan dari dosen saya, seklain saya bagikan saja yang penting bermanfaat hihihi ^_^


Sejarah Singkat 

• 1991. kode “Green Project” berorientasi objek
• 18 bulan kemudian. “Oak” -- “Java
• 1995. jadi bahasa pemrograman desktop
• 2009. menjadi milik perusahaan Oracle

Kelebihan Bahasa Java 

• Multiplatform
• Open Source
• OOP
• Keamanan yang Baik
• Mendukung Multithreading
• Bergaya C++

Edisi Bahasa Java 

• J2SE (Java 2 Standard Edition)
• J2ME (Java 2 Micro Edition)
• J2EE (Java 2 Enterprise Edition)

Bahasa Java 

• Java adalah bahasa pemograman tingkat menengah
• Java adalah bahasa pemograman berorientasi objek
• Java bersifat open source
• Java bersifat case sentitive
• Java bersifat multi platform

Tipe Data 

 • Tipe Data Dasar / Primitif
    o boolean (tipe data logika)
    o char (tipe data karakter)
    o byte, short, int dan long (tipe data bilangan bulat)
    o double dan float (tipe data bilangan pecahan/ floating point)
                       
                             Dalam java, String bukanlah suatu tipe data melainkan suatu kelas.

Struktur Dasar Bahasa Java 

A. Package adalah folder/direktori tempat kita menyimpan file java kita. Package berfungsi jika kita ingin mengelompokkan class yang kita buat dalam suatu folder. Dalam suatu class terdapat (0-1) package. 
B. Import adalah menjabarkan/mendaftarkan library-library yang akan digunakan. Dalam satu class terdapat (0-N) import. 
C. Pendeklarasian class umumnya menggunakan “public class ” atau “class ”. Nama Class yang dideklarasikan sebagai public harus sama dengan nama file. Misal nama class: PraktikumSatu, maka nama file: PraktikumSatu.java 
D. Atribut adalah ciri yang melekat yang dimiliki suatu objek. Dalam satu class bisa terdapat (0-N) atribut. Penulisan atribut ditulis dibawah pendeklarasian class. Metode akan dibahas lebih lanjut ketika materi objek. 
E. Constructor adalah metode yang akan dipanggil ketika class tersebut dibuatkan objeknya (instance). Nama constructor harus sama dengan nama class-nya, misal nama class: Contoh, maka nama constructor: Contoh. Dalam satu class bisa terdapat (0-N) constructor. Penulisan constructor ditulis dibawah blok atribut. 
F. Metode adalah kemampuan yang dimiliki suatu objek. Dalam satu class bisa terdapat (0- N) metode. Penulisan metode ditulis dibawah blok Constructor. Metode akan dibahas lebih lanjut ketika materi objek. 
G. Metode main adalah metode utama. Artinya metode yang akan pertama kali dieksekusi oleh komputer adalah metode main ini. Penulisan metode main pasti selalu ditulis dengan sintaks “public static void main(String[] args)”. Dalam pembangunan aplikasi yang baik, metode main ini hanya dimiliki oleh satu class saja, yakni class utama. 

Variabel 

Variabel adalah wadah/tempat untuk menyimpan data 

NB: untuk dan bersifat wajib, sedangkan [=inisialisasi] bersifat opsional (boleh ditulis, boleh tidak). [=inisialisasi]; 

public class ContohVariabel{ 
public static void main(String[] args){ 
 String nama; 
 int nilai; 
 nama="Susi Similikiti"; 
 nilai=100; 
 System.out.println("Nama : "+nama); System.out.println("Nilai : "+nilai);
 } 

Operator 

• Operator Aritmetika 
• Operator Increment & Decrement serta Operator Khusus 
• Operator Perbandingan 
• Operator Logika 
• Operator Kondisi 

Fungsi Output 

• Output berbasis DOS menggunakan printf() 
• Output berbasis DOS menggunakan print() 
• Output berbasis DOS menggunakan println() 
• Output berbasis GUI menggunakan JOptionPane

Output Menggunakan printf() (lanj.) 

public class ContohFungsiOutPrintf { 
public static void main(String[] args){  
System.out.printf("%s\n", "Halo Halo Bandung"); 
 System.out.printf("%s %s\n", "Halo Halo", "Bandung"); 
 System.out.printf("%d + %d= %d\n", 4, 5, (4+5)); 
System.out.printf("PHI= %f\n", 3.14); 
 System.out.printf("index= %c\n", 'A'); 
 System.out.printf("nilai boolean= %b\n", true); 

Output Menggunakan JOptionPane 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan : 
1. Mengimport JOptionPane.class yang ada di paket javax.swing. Pendeklarasian import ditulis diatas pendeklarasian class. 
import javax.swing.JOptionPane //wajib ditulis public class Contoh{ } 
2. Memanggil metode showMessageDialog(). 
JOptionPane.showMessageDialog(null, String); 

Output Menggunakan JOptionPane (lanj.) 
import javax.swing.JOptionPane; 
public class ContohOutJOptionPane{ 
public static void main(String[] args){  
String nama="Mulyana"; 
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Halo-Halo Bandung"); JOptionPane.showMessageDialog(null, "Halo "+nama+'\n'+ "Apa Kabar?");
 } 
}

Fungsi Input 

• Input berbasis DOS menggunakan Scanner 
• Input berbasis DOS menggunakan BufferedReader 
• Input berbasis GUI menggunakan JOptionPane 

Input menggunakan Scanner 

1. Meng-import kelas Scanner yang terdapat pada paket java.util 
2. Membuat objek referensi sebagai media penginputan data. 
3. Memanggil metode khusus untuk melakukan inputan data melalui objek referensi yang tadi dibuat. 

Input menggunakan Scanner (lanj.) 

import java.util.Scanner; 
public class ContohInScanner{ 
public static void main(String[] args){  
Scanner input = new Scanner(System.in); 
 System.out.print("Input Nama : "); 
 String nama = input.nextLine(); 
 System.out.println("Halo "+ nama); 
 System.out.println(); 
 System.out.print("Alas : "); 
 int alas = input.nextInt(); 
 System.out.print("Tinggi : "); 
 float tinggi = input.nextFloat(); 
 System.out.println("Luas Segitiga : "+ (alas*tinggi)/2); 
}

mungkin saya bagikan sampe scanner aja deh heheh ^_^ siapa tau bermanfaat

sumbernya : dari dosen kampus saya.

makasih minaasaan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut